Begini Cara Membuat Konten Artikel Blog Yang disukai Pembaca

by | Nov 19, 2022 | Blogging, Content Marketing

Setiap penulis hebat adalah pemikir yang hebat juga, ia mampu menggunakan tulisannya untuk memberikan inspirasi, memberikan ide, membuat ide-ide yang kompleks menjadi sederhana, yang terpenting sebuah tulisan mampu mengubah pembacanya menjadi lebih baik dan juga dapat menuntaskan masalahnya.

Menurut data dari Content Marketing Institute bahwa 60% marketers melaporkan bahwa sebuah konten marketing dapat menjaring leads. Selain itu, 70% marketers juga mengatakan bahwa sebuah konten marketing dapat membantu mengedukasi audiens, dan 60% mengatakan dapat membangun loyalitas dengan klien/pelanggan.

Dilihat dari data diatas sangat terbukti bahwa sebuah konten dapat meningkatkan brand awareness bahkan sampai meningkatkan revenue. Disini apakah semua sepakat?

Sekarang bagaimana caranya membuat konten artikel untuk blog yang memang benar-benar disukai oleh pembaca.

Sebelum kita masuk ke topik pembahasan sesuai judul di atas, kita coba ulas tentang pengertian dasar Blog. Sebenarnya apa sih blog itu?

Kalau kita kutip dari wikipedia nih, weblog adalah website yang memuat beberapa macam topik tulisan. Nah, biasanya tulisan atau artikel ditampilkan dalam kronologi terbaliik. Blog akan dipastikan menampilkan postingan terbaru, lalu kemudian yang artikel yang lama.

Weblog bukan hanya tulisan, ada banyak berbagai macam, bisa majalah digital, catatan diary pribadi, pameran-pameran online, catatan pelajaran, curhatan, tips pengalaman pribadi. Dan gak semuanya full tulisan, pastinya ada gambar yang menarik bahkan video yang seru.

Oke, tanpa perlu berlama-lama lagi, di artikel ini saya coba paparkan cara membuat konten artikel blog yang disukai pembaca bahkan sukarela untuk share artikel kita. Pasti tambah penasaran kan? Oke, lanjut baca ya.

Ada 4 formula untuk membuat introduction dalam artikel yang benar-benar membuat pembaca makin penasaran lanjut membaca.Sebelum masuk ke 4 formula, ada beberapa tips dalam membuat artikel yang perlu Anda ketahui, berikut tipsnya:

  • Tips 01 : Buat headline yang benar-benar sesuai kebutuhan audiens
  • Tips 02 : Artikel bukan hanya memberikan informasi tapi memecahkan masalah
  • Tips 03 : Yang pastinya mudah dan enak dibaca
  • Tips 04 : Gak ribet dan bertele-tele
  • Tips 05 : Disesuaikan sesuai kerangka artikel yang benar

Dari kelima tips diatas jika dipraktekkan dengan baik maka artikel yang kita buat sangat sudah dapat diterima audiens yang pastinya juga menerapkan SEO sebagai tambahan.
4 Formula penting untuk mempermudah membuat Introduction pada artikel
Setiap kali Anda duduk untuk menulis Introduction pada artikel baru, Anda harus membuat sesuatu yang unik dan menarik. Tidak ada magic dan trik yang pasti, tetapi ada panduan efektif yang dapat membantu Anda.

1, Opener (Pembukaan)

Pertama, buatlah satu atau dua baris paragraf untuk menarik perhatian audiens. Jika Anda kesulitan menemukan kalimat pertama yang bagus dan menarik, tunggu sampai draftnya siap dan selesai semua. Barulah bisa di edit bagian paragraf pertama sesuai dengan konten yang ingin kita buat.

Gunakan : Bisa cerita atau pengalaman pribadi atau bahkan analogi untuk membuatnya menarik.
Jangan gunakan : Sesuatu hal yang sebenarnya mereka sudah mengerti atau pengulangan kata-kata.

2. Problem (Ceritakan masalah)

Selanjutnya, Anda perlu memberi tahu audiens tentang mengapa mereka harus peduli dengan apa yang akan Anda tulis. Jelaskan masalah yang menjadi masalah pada audiens, sertakan quotes dari ahli atau berikan latar belakang bagaimana masalah itu bisa terjadi.

Pikirkan tentang : SIapa saja yang akan membaca postingan kita dan bagaimana topik ini dapat mempengaruhi audiens.

Jangan gunakan statistik yang sudah usang atau sudah tidak up-to-date, jangan terlalu lebay atau berlebihan dalam menuliskan masalah.

3. Solution (Berikan solusi)

Dan sekaranglah saatnya untuk mengatasi masalah dari para audiens blog Anda, berikan sebuah solusi. Siapkan obat penawar dari masalah yang audiens hadapi.

Kemudian perkenalkan solusi atau petunjuk pada jawaban yang akan ditemukan oleh audiens di postingan artikel Anda.

4. Expectation (Harapan)

Dan terakhir adalah sebuah harapan, setiap audiens memliki harapan ketika mereka mampir dan membaca blog Anda, dari sebuah harapan itulah mereka sebenarnya sedikit bergantung pada tulisan Anda, dikarenakan judul yang sudah dibuat sesuai apa yang audiens cari.

Disini Anda harus memahami audiens, tunaikan harapannya dengan mengidentifikasi masalah dan memberikan solusinya. Jangan terjebak pada introduction yang garing seperti “Hari ini saya akan menulis tentang X, Y dan Z”

Tapi buatlah cerita yang menggambarkan masalah yang audiens hadapi dan berakhir solusi yang sesuai harapan.

Ini bukan satu-satunya cara untuk membuat Introduction agar artikel Anda disukai pembaca, tetapi ini adalah cara yang efektif untuk memastikan introduction pada artikel Anda menarik perhatian pembaca dan memotivasi mereka untuk terus membaca.

i

Related Post

Be our satisfied  customer

Saatnya Anda fokus ke pertumbuhan bisnis Anda, sisanya, proses kreatif akan diselesaikan oleh DCB.

PT Digital Cerdas berbagi (DCB)

Let’s Connect