Kenali algoritma sosial media dan pengaruhnya terhadap bisnis

by | Nov 19, 2022 | Media Sosial

Ada banyak alasan utama orang Indonesia menggunakan internet. Di antaranya yaitu untuk menemukan informasi, mengikuti berita atau event, dan mencari brands. Selain itu, untuk mencari keperluan belajar dan pendidikan, mendapatkan tempat dan travel, serta menemukan info kesehatan beserta varian produk-produknya.

Hootsuite mengeluarkan data bahwa ada 191,4 juta penduduk Indonesia yang aktif sebagai pengguna media sosial. Dan terpantau lima besar sosial media yang sering digunakan adalah whatsapp, instagram, facebook, tiktok, dan telegram.
Menurut data tersebut juga tercatat bahwa ada 204,7 juta penduduk Indonesia yang sudah menggunakan internet. Tokopedia dan Shopee masuk ke dalam 20 besar web yang sering dikunjungi.

Berdasar data dan fakta di lapangan, maka, tidak bisa disangkal lagi bahwa pengaruh media sosial sangat besar terhadap perkembangan bisnis. Maka dari itu, para pelaku usaha perlu untuk memikirkan strategi pemasaran media sosial Anda.

Tetapi sebelum meluncurkan strategi pemasaran online, perlu memahami bagaimana algoritma sosial media bekerja. Karena seperti diketahui,bahwa algoritma media sosial mempunyai kendali untuk menentukan konten mana yang akan dikirimkan kepada pengguna internet berdasarkan perilaku mereka.

Algoritma sosial media, apakah itu?

Algoritma mampu mengurai data dan peringkat posting berdasarkan kriteria yang menjadi teka teki di dunia pemasaran digital. Dan karena bersifat dinamis, maka bisa disebut bahwa algoritma sosial media adalah sesuatu yang sederhana, tetapi juga rumit.

Kontrol penuh terhadap apa yang dilihat dan tidak dilihat pengguna merupakan kolaborasi antara platform sosial dan pengguna. Pengguna berinteraksi dengan apa yang dianggap menarik dan platform media sosial mencatat dan menunjukkan lebih banyak hal itu saat pengguna membuka aplikasi lagi.

Fungsi algoritma adalah mengirimkan konten yang relevan kepada pemilik akun. Maka dari itu, algoritma akan menyaring postingan yang tidak relevan dan berkualitas buruk sehingga konten berkualitas tinggi yang dapat lolos.

Pengaruh algoritma sosial media bagi dunia bisnis

Adapun pengaruh algoritma sosial media bagi pelaku usaha, yaitu:

  • Membuat akun bisnis anda menjadi populer

Saat sebuah akun mempunya keterlibatan yang aktif dan konsisten dengan pengikutnya, baik melalui likes, retweet, shared, saved, atau comment, maka akan mendorong akun tersebut ke peringkat atas newsfeed mereka. Semakin banyak orang yang berinteraksi, maka, semakin banyak algoritma yang terbuka. Postingan anda pun bisa menjangkau lebih banyak pengguna.

  • Meningkatkan nilai bisnis Anda

Penting untuk memiliki gagasan yang jelas tentang minat audiens, sehingga dapat membuat konten yang relevan. Dengan konten yang berkualitas, maka akan menghasilkan konversi, pertumbuhan jaringan dan branding.

  • Membantu menemukan pelanggan baru di luar follower

Saat pengguna sosial media mencari produk, layanan atau tren terbaru, maka mereka akan mengecek melalui kata kunci atau hashtag. Hasil teratas di setiap platform sosial media menunjukkan akun dengan profil paling relevan dan engagement post terbanyak.

Maka dari itu, tugas penting pegiat pemasaran di bidang sosial media adalah untuk memposting konten dengan sesuatu yang menarik, menghibur, bermanfaat, dan relevan dengan target audiens. Caranya adalah dengan memilih topik yang relevan, menulis yang menyenangkan, dan memposting gambar dan video yang menarik.

Dengan pemilihan konten yang baik dan menarik, maka akan tercipta komunikasi yang menyenangkan dengan pengguna lain. Dengan begitu, postingan akun anda memiliki peluang yang lebih besar untuk ditampilkan kepada mereka.

i

Related Post

Be our satisfied  customer

Saatnya Anda fokus ke pertumbuhan bisnis Anda, sisanya, proses kreatif akan diselesaikan oleh DCB.

PT Digital Cerdas berbagi (DCB)

Let’s Connect