10 rekomendasi SEO tools untuk meningkatkan performa website

by | Nov 19, 2022 | SEO

Peringkat situs web Anda bisa lebih tinggi di mesin pencari seperti Google dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Tetapi SEO dapat berjalan efektif, maka memerlukan beberapa alat yang dapat digunakan agar lebih optimal.

Alat SEO akan membantu melakukan penelitian kata kunci, mengoptimalkan konten situs web, dan meningkatkan visibilitas situs web anda di Google. Berikut ini beberapa panduan yang dapat membantu anda menemukan SEO tools terbaik sesuai dengan kebutuhan dan anggaran:

01. Google Analytics

Google Analytic dapat membantu memvisualisasikan data dari sebuah situs hingga bisa diakses dan diatur sesuai dengan kebutuhan. Dengan data tersebut, dapat memahami pengunjung dan menentukan seberapa efektif strategi yang sedang dijalankan.

02. Google Search Console (GSC)

GSC merupakan layanan gratis yang dapat memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kunjungan web di hasil penelusuran Google. Dengan Google Search Console, kita dapat mengetahui keyword dan halaman yang populer, mengidentifikasi darimana datangnya pengunjung dan mendeteksi masalah keamanan di web.

03.Google Keyword Planner (GKP)

Google Keyword Planner akan membantu riset dalam menemukan kata kunci yang paling relevan dengan bisnis anda. Maka dari itu, tools gratis ini sangat membantu pengguna dalam mencari kata kunci yang potensial untuk dijadikan kata kunci dalam periklanan bisnis.

04. Answer The Public (ATP)

Untuk mencari berbagai topik yang paling potensial dan relevan, maka bisa menggunakan Answer The Public (ATP). Tools gratis ini merupakan tempat yang cocok untuk menemukan topik yang sedang populer di masyarakat.

05. PageSpeed Insight (PSI)

Google Pagespeed Insight mengevaluasi kecepatan situs anda di perangkat seluler dan desktop, lalu memberikan saran untuk meningkatkan performanya. Sebuah website yang cepat memiliki peluang yang lebih baik daripada website yang lambat. Maka dari itu, tools gratis ini sangat dibutuhkan agar website selalu dalam kondisi terbaik.

06. SEOquake

SEOquake merupakan SEO tool yang dapat memberikan insight yang lengkap tentang peringkat situs di Google, backlink, peringkat SERP, dan lainnya. Saat ini, SEOquake sudah dapat diakses pada Chrome, Mozilla Firefox dan Opera.

07. Yoast SEO

Karena pengoperasiannya mudah dipahami, Yoast SEO menjadi plugin paling populer untuk optimasi sebuah website di kalangan pengguna WordPress. Dengan Yoast SEO dapat menganalisa keyword, menilai tingkat keterbacaan dan fokus dalam optimasi SEO onpage
Tools ini memiliki opsi gratis dan berbayar atau premium. Untuk paket gratis hanya bisa mengakses beberapa fitur. Sedangkan untuk pilihan berbayar atau premium, maka akan bisa mengakses berbagai fitur.

08. Ahrefs

Ahrefs memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk mengembangkan SEO. Penggunaan Ahrefs yang mudah membuatnya menjadi salah satu tools yang paling mumpuni dan sering dipakai oleh para profesional di bidang marketing.
Untuk mengakses Ahrefs ada berbagai paket yang ditawarkan, mulai dari pake lite sampai agency. Kuota. Semakin besar paket yang dipilih, maka semakin besar juga kuota dari fitur yang bisa digunakan.

09. Semrush

Semrush adalah saingan terberat dari tools Ahrefs dan Moz, dari sisi fitur Semrush lebih lengkap dari pesaingnya, dari keyword research sampai dengan Advertising research atau PPC fitur ini tidak dimiliki oleh Ahrefs dan pesaing lainnya.

10. Moz

Moz akan membantu pengguna dalam meningkatkan traffic, ranking website dan visibilitas dalam pencarian. Data yang disajikan oleh Moz juga sangat lengkap sehingga memudahkan untuk mempelajari dan menganalisa banyak website.
Tools SEO ini memiliki banyak paket yang bisa disesuaikan dengan budget pengguna. Paketnya berkisar antara $99 sampai $999 perbulan.

SEO tools akan lebih mengoptimalkan strategi SEO anda. Dan karena setiap tools memiliki keunggulan masing-masing, jadi boleh mengkolaborasikan lebih dari satu SEO tool.

i

Related Post

Be our satisfied  customer

Saatnya Anda fokus ke pertumbuhan bisnis Anda, sisanya, proses kreatif akan diselesaikan oleh DCB.

PT Digital Cerdas berbagi (DCB)

Let’s Connect