Cara Memaksimalkan Live Streaming Dalam Membangun Kepercayaan Customer

by | Nov 19, 2022 | Live Streaming

Yang terpenting dari sebuah pemasaran adalah koneksi antara penjual dan pembeli. Karena itu lah fitur live streaming menjadi sangat populer belakangan ini. Live streaming memberikan pengalaman interaksi yang baik antara produsen dan konsumen.

Sudah banyak fitur live streaming yang sering digunakan untuk online live shopping, seperti Tiktok, Instagram, Facebook, sampai e-commerce seperti Shopee.Hal ini bisa mempermudah pelaku usaha untuk promosi suatu barang hingga urusan tawar menawar dengan pembeli.

Dengan adanya live streaming, kepercayaan konsumen pada barang yang dijual pun akan meningkat. Sebabnya, dengan menonton live, customer bisa mengetahui info detail sebuah produk. Mereka bisa mengetahui tanggal kadaluarsa, kualitas bahan, proses pengemasannya hingga waktu pengirimannya secara jelas dan langsung.

Namun ada saatnya kehabisan ide konten dalam melakukan live streaming. Maka, berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan pada saat live streaming agar kepercayaan customer terhadap produsen bisa meningkat, yaitu:

Behind the scene

Ide ini termasuk sangat digemari oleh audiens. Karena selain mengetahui kualitas produk, biasanya mereka juga penasaran dengan proses di balik pembuatan sebuah produk.
Dalam live streaming, bisa memperlihatkan proses pembuatan makanan, skincare, atau apapun yang berkenaan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini sangat efektif dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap produk atau perusahaan.

Q and A

Question and Answer atau biasa disebut tanya jawab, sangat efektif dalam mendorong pertumbuhan interaksi. Q and A membuat audiens merasa terhubung secara personal dengan merek atau produk. Sebelum melakukan Q and A, streamer bisa terlebih dahulu mengajukan pertanyaan atau mengajak audiens untuk mengirimkan pertanyaan dari mereka via chat yang tersedia.

Demo produk

Costumer akan sangat penasaran jika ada produk baru yang sedang diluncurkan. Maka, konten demo produk sangat efektif untuk menambah kepercayaan audiens dan juga menjawab penasaran mereka.
Supaya tidak membosankan, bisa mengadakan tanya jawab dengan audiens. Dengan konten yang berisi komunikasi dua arah seperti ini, penjualan bisa berpotensi naik dengan signifikan.

Roomtour

Pada kegiatan ini, audiens akan merasa terkoneksi secara personal terhadap perusahaan. Tetapi hal yang perlu diperhatikan saat melakukan room tour ini adalah untuk tetap merahasiakan alamat perusahaan, demi alasan keamanan.

Tutorial

Salah Satu konten wajib dan sering ditunggu customer adalah video tutorial. Audiens akan betah berlama-lama menonton video tutorial karena mereka penasaran dengan hasil akhirnya. Konten ini juga efektif untuk meningkatkan kredibilitas produk atau perusahaan.

Live Event

Saat melakukan event, usahakan untuk mengadakan versi live streamingnya. Hal ini bisa membuat customer ikut juga merasakan pengalaman mengikuti event tersebut. Agar lebih interaktif, ajak juga salah satu peserta untuk memberikan komentarnya tentang event tersebut.

Live in Person

Konten interview ini bisa dengan mewawancarai influencer. Kolaborasi dengan orang yang sudah dikenal oleh masyarakat dapat membantu menarik perhatian pengikut mereka untuk menjadi konsumen. Hal ini akan sangat menguntungkan, mulai dari brand awareness sampai meningkatkan penjualan.

Sesi sharing

Ajak orang-orang yang sudah memakai produk untuk memberikan pengalamannya. Selain dapat lebih meningkatkan komunikasi, hal ini juga bisa menambah kepercayaan konsumen lainnya. Karena review dari pembeli sangat berpengaruh terhadap keputusan konsumen lainnya.

Review dalam bentuk positif atau negative harus ditanggapi dengan baik tanpa emosi. Sebab respon terhadap review yang diberikan pembeli akan mempengaruhi citra perusahaan di mata publik.

Yang terpenting dari semuanya adalah konsisten. Karena konsistensi akan menumbuhkan ketertarikan audiens untuk terus menonton live streaming. Jika sudah tertarik, maka kepercayaan customer terhadap sebuah produk pun akan meningkat.

i

Related Post

Be our satisfied  customer

Saatnya Anda fokus ke pertumbuhan bisnis Anda, sisanya, proses kreatif akan diselesaikan oleh DCB.

PT Digital Cerdas berbagi (DCB)

Let’s Connect