Memahami Unique Selling Point Dalam Dunia Bisnis dan Cara Menentukannya

by | Mar 23, 2023 | Sales

Memahami Unique Selling Point Dalam Dunia Bisnis

Jika masih kebingungan dalam mendongkrak penjualan, salah satu penyebabnya bisa jadi karena melupakan unique selling point dalam bisnis yang dijalankan. Padahal Unique Selling Point atau USP merupakan sesuatu yang amat penting untuk diperhatikan pada saat membangun sebuah perusahaan.

Unique Selling Point adalah poin unik yang ada pada diri sebuah produk atau perusahaan sehingga menjadi pembeda antara bisnisnya dengan bisnis lainnya. Maka dari itu, selaku pemilik usaha harus memahami benar USP ini agar mampu dengan mudah memikat hati konsumen.

Pentingnya untuk memasukkan unsur unik dalam dunia usaha, karena ia akan membantu perkembangan bisnis, berupa:

1. Pembeda dari kompetitor

Point unik yang terkandung dalam barang atau jasa bisa meningkatkan penjualan dan value. Karena dalam USP, sebuah produk akan menonjolkan keunggulan, keunikan, dan valuenya kepada pelanggan. Hal tersebut lah yang akan membedakan produknya dengan produk lain dari kompetitor.

2. Membangun identitas bisnis

USP dalam sebuah bisnis bisa dalam bentuk bahan yang berkualitas, pelayanan yang prima, harga terjangkau, tampilan yang estetik dan tempat yang nyaman. USP yang dijalankan dengan cerdas akan membangun sebuah identitas bisnis yang baik di mata khalayak luas.

3. Memudahkan pemasaran

Saat masyarakat sudah mengenal keunggulan dari bisnis yang dijalankan, maka akan mudah untuk melakukan pemasaran berbagai produk yang dihasilkan. Promosi ini bukan hanya dalam bentuk iklan berbayar, tetapi bisa dari review atau testimoni pelanggan yang puas dengan pengalaman menggunakan produk.

4. Membentuk pasar yang loyal

Dengan unique selling point yang tersampaikan dengan baik, maka akan membuat konsumen tidak bisa berpaling ke produk lain. Jika pelanggan sudah setia dengan brand, maka otomatis akan terbentuk pasar yang loyal dengan sendirinya.

5. Tingkatkan pendapatan

Dengan Unique Selling Point yang kuat, maka akan memperkuat posisi bisnis di pasar. Dalam keadaan yang sudah stabil, maka secara otomatis pendapatan pun akan terus meningkat.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa didapatkan saat Unique Selling Point sudah terbentuk. Maka, berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk menentukan USP bisnis anda:

6. Menganalisa kompetitor

Dengan menganalisa USP yang sudah dibuat oleh kompetitor, maka akan mudah menemukan nilai unik dari masing-masing perusahaan. Pahami kekurangan dan kelebihan mereka, lalu sempurnakan dengan bisnis anda. Hal itu akan mempermudah dalam menentukan Unique Selling Point perusahaan anda.

7. Menempatkan diri pada posisi konsumen

Saat melihat dari sudut pandang konsumen, pebisnis akan lebih mudah dalam menggali kebutuhan dan harapan konsumen. Seperti kualitas produk, pelayanan atau bahan evaluasi perkembangan bisnis.

Cara mudahnya adalah meminta pandangan dari teman dan kolega atau mengajak konsumen untuk mengisi survey yang berisi tentang penilaiannya tentang produk atau jasa yang telah dicoba. Penilaian dari mereka akan sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis kedepannya.

8. Memahami produk dan bisnis yang dijalankan

Saat dengan jelas memahami bisnis yang dijalankan, maka bisa tahu hal apa yang perlu ditambahkan atau dikurangi demi memuaskan konsumen. Apalagi kepuasan hati pelanggan mudah berubah, maka sebagai pengusaha harus cepat beradaptasi dengan situasi tersebut.

Baca juga : Teknik-Teknik Sales yang Efektif dalam Mempromosikan Produk Perbankan

Keberadaan Unique Selling Point sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. USP ini tidak hanya berpusat pada detail produk, tetapi harus mencakup nilai dari perusahaan secara keseluruhan. Dengan kualitas yang baik, maka bisnis anda akan memenangkan pasar.

i

Related Post

Be our satisfied  customer

Saatnya Anda fokus ke pertumbuhan bisnis Anda, sisanya, proses kreatif akan diselesaikan oleh DCB.

PT Digital Cerdas berbagi (DCB)

Let’s Connect