Setiap pengusaha pasti menginginkan produknya, baik dalam berupa barang atau jasa, laku keras di pasaran. Maka dari itu, pemasaran menjadi bagian yang sangat penting dalam roda perusahaan.
Agar produk dikenal oleh masyarakat, maka perlu adanya strategi pemasaran yang baik. Mulai dari mencari cara menarik perhatian konsumen, sampai menghadapi produk serupa dari para kompetitor.
Banyak sekali starategi pemasaran yang bisa diterapkan oleh perusahaan. Dan berikut ini beberapa strategi pemasaran yang bisa membawa produk menjadi incaran konsumen, yaitu:
Temukan Unique Selling Proposition
Persaingan bisnis yang semakin hari semakin bertambah banyak memacu para pelaku usaha untuk lebih berpikir kreatif. Kreativitas yang tinggi menjadi kunci agar produk yang ditawarkan berbeda dengan produk yang sama dari brand lain.
Konsumen selalu menginginkan sesuatu yang baru. Maka dari itu, temukan sesuatu yang unik, menarik dan inovatif dari bisnis yang dijalankan.
Akurat dalam memahami kebutuhan konsumen
Temukan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan cara riset pasar. Jika produk itu mendapat komentar positif, maka bisa dipasarkan dengan lebih luas.
Tetapi jika menunjukkan hasil negatif, maka perlu adanya evaluasi dan perbaikan. Karena tanggapan pelaku usaha terhadap hasil riset tersebut akan berpengaruh kepada daya beli konsumen.
Jalin kerjasama dengan pihak lain
Selain memasarkan secara pribadi, kerjasama dengan vendor lain atau influencer menjadi pilihan yang baik dalam memasarkan produk. Kerjasama ini bisa melibatkan komunitas, tokoh publik, tempat-tempat wisata, dan sebagainya.
Tentunya kerjasama ini dilakukan bersama dengan pihak-pihak yang masih relevan dengan produk yang dijual. Kerjasama dengan bentuk seperti ini akan membuka jaringan seluas-luasnya.
Berikan pelayanan yang terbaik
Pembeli adalah raja merupakan slogan yang sudah sangat dihafal oleh para pengusaha. Maka dari itu, selain menciptakan produk yang berkualitas, yakinkan konsumen dengan pelayanan maksimal.
Jalin juga hubungan yang baik dengan customer. Seperti menanyakan testimoni atau menginformasikan tentang diskon atau produk terbaru. Kesan yang baik di mata pelanggan akan memberikan dampak semakin meluas jangkauan pemasaran produk tersebut.
Berikan promosi yang menggiurkan
Selain tertarik dengan produk yang ditawarkan, konsumen juga biasanya tergoda dengan berbagai tawaran yang menarik. Penawaran dalam bentuk diskon, gratis ongkir, cashback, flash sale, buy one get one, poin reward, kode promo, menjadi sesuatu yang ditunggu oleh pelanggan.
Memberikan harga khusus untuk reseller juga sangat membantu penjualan produk. Dalam waktu-waktu tertentu, berikan kejutan kepada pelanggan tentang pemberian giveaway. Tindakan seperti ini akan meningkatkan koneksi dan penjualan dengan baik.
Manfaatkan sosial media dan marketplace
Di zaman digital seperti saat ini, pemasaran online lebih efektif daripada dalam bentuk offline. Selain menghemat tenaga, juga bisa mengurangi penggunaan biaya operasional.
Melalui media sosial, seperti Instagram dan Tiktok, bisa melakukan promosi dengan foto atau video yang menarik. Berikan juga caption yang mengajak audiens untuk mencoba produk yang ditawarkan.
Untuk pemasaran online lainnya bisa memanfaatkan website dan marketplace. Gunakan internet marketing untuk berjualan dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Selain strategi pemasaran, penting juga untuk membangun sistem perusahaan. Sistem ini nantinya akan mendukung, menjalankan dan mengelola strategi yang sudah direncanakan dengan baik.
Seorang pebisnis memang harus kreatif dalam menciptakan ide-ide baru. Karena hal tersebut akan berpengaruh ke dalam kondisi bisnisnya. Konsisten dan tangguh adalah kuncinya.