Banyaknya informasi di media sosial membuat perhatian kita mudah sekali teralihkan, apalagi dengan banyaknya iklan yang menginterupsi dikala kita sedang bermain media sosial seperti Instagram, facebook, linkedin dan media sosial lainnya.
Secara statistik, Anda pasti tidak akan dapat membaca sebuah artikel kata perkata, dan dipastikan Anda akan mengamati dari mulai judul dan dari poin ke poin bahkan untuk sebuah konten instagram yang menarik diperlukan perhatian khusus untuk membuat orang tertarik melihat dan membacanya.
Faktanya, sebuah studi dari Microsoft mengklaim bahwa rata-rata butuh waktu 8 detik untuk menarik perhatian manusia atau pengguna. Jadi, bagaimana Anda seorang marketers membuat konten di media sosial yang berkualitas dan menarik?
Dengan rentang perhatian yang sangat pendek ini, Anda perlu teliti dan sangat jeli untuk membuat konten yang benar-benar menarik perhatian audiens Anda, yang pastinya membuat mereka juga terlibat dari kampanye-kampanye yang Anda buat di media sosial.
Berikut cara yang bisa Anda praktikan untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas:
1. Pahami Audiens Anda
Ada kutipan yang sangat saya suka dari Simon Sinek ia seorang penulis pernah berkata dalam acara seminarnya “If you don’t understand people, you don’t understand business” kutipan ini mengisyaratkan kepada kita bahwa, Jika Anda tidak memahami manusia dan perilakunya, maka dipastikan Anda tidak mengerti bisnis.
Dalam konteks di media sosial ini, jika Anda tidak benar-benar memahami dan mengenal siapa Audiens Anda, maka sangat kecil harapan Anda untuk membuat konten instagram yang bukan hanya berkualitas, tapi juga menarik perhatian dan nyaman.
Pastikan Anda memahami Audiens Anda dengan memahami produk atau jasa Anda terlebih dahulu, lalu pahami siapa target audiens Anda, Anda bisa membuat Audience personas untuk menerka-nerka siapa Audiens kita dan apa masalah dan solusi yang Audiens kita inginkan.
Anda juga bisa menggali informasinya dengan cara mewawancari dari mereka yang merupakandari target audiens Anda.
2. Buat desain yang konsisten dan sesuaikan dengan brand Anda
Pernah tahu gak bahwa otak manusia memproses gambar visual 60.000 kali lebih cepat daripada sebuah tulisan dan otak manusia dapat melihat gambar yang berlangsung hanya 13 milidetik. Dari fakta ini berarti bahwa gambar visual perlu sangat diperhatikan lebih ekstra, walaupun caption atau teks di media sosial juga tidak kalah pentingnya.
Pastikan visual yang konsisten seperti warna, font, karakter atau ilustrasi dan lain sebagainya. Dengan desain visual yang konsisten membuat Audiens kita menjadi lebih suka dan menarik perhatian.
3. Pikirkan dan buat Caption yang semenarik mungkin
Didalam ilmu copywriting kata-kata dapat menggerakan Audiens dan dapat membuat pengaruh pada Audiens kita. Anda dapat bebas menulis caption instagram karena maksimal karakter caption instagram saat ini adalah sebanyak 2200 karakter.
Tipsnya, pastikan caption harus nyambung dengan foto/visual feed instagram, jangan sampai gambar visualnya berbeda dengan caption, bisa menggunakan informasi 5w1h untuk menjelaskan dari gambar, bisa juga berisikan storytelling, jangan terlalu panjang agar tidak membosankan, dan jangan juga terlalu pendek karena Audiens tidak dapat informasi dari gambar visual tersebut.
4. Analisa kinerja konten Instagram Anda
Di dalam aplikasi Instagram, pastikan Anda mempunyai strategi konten dari 5 konten ini:
- Feed
- Stories
- Live
- IGTV
- Reels
Dari beberapa pakar media sosial menyarankan untuk mencoba kelima dari tipe konten instagram tersebut, dan segera analisa konten mana yang paling banyak mendapatkan perhatian dari Audiens Anda, perhatikan urutan 3 terbanyak dilihat dan interaksi.
Setiap tips konten Instagram diatas memang memliki keunggulan dan fungsinya yang berbeda-beda. Pastikan Anda mencoba semuanya ya, karena memang berbeda-beda setiap kegunaannya.
5. Prediksikan dan Riset dari Perilaku Audiens berdasarkan konten-konten Anda sebelumnya
Didalam fitur instagram terdapat alat untuk melihat data informasi Audiens kita. Anda dapat menganalisanya melalui konten-konten yang pernah Anda posting sebelumnya mulai dari seberapa banyak yang berinteraksi, kapan waktu yang paling sering Audiens Anda mengunjungi konten atau postingan Anda, demographic, interet dan perilakunya.
Coba amati dan jika Anda dapat informasi yang cukup, maka Anda dapat membuat keputusan untuk konten-konten yang akan Anda buat selanjutnya.
Oke, berikut 5 Tips Yang Harus Anda Perhatikan untuk Membuat Konten Instagram yang Berkualitas, semoga dari artikel ini Anda mendapatkan manfaat dan tentu saja dapat dipraktikan segera dan dapat membuat konten media sosial Anda bukan hanya saja berkualitas tapi juga menjadi pusat perhatian dari Audiens Anda.