6 Langkah Strategis untuk Membuat Konten Viral

by | Mar 16, 2023 | Media Sosial, Social Media

Dalam era digital yang semakin maju, konten viral menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk bisnis dan brand. Konten viral memiliki potensi untuk meningkatkan visibilitas dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas untuk website atau produk Anda. Namun, membuat konten viral bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan dilakukan agar konten Anda dapat menyebar dengan cepat dan efektif.

Pelaku bisnis pasti menginginkan produknya dikenal oleh masyarakat, traffic penjualan meningkat dan memiliki banyak pengikut di media sosial. Tentunya untuk mencapai hal tersebut membutuhkan konten yang menjadi perbincangan di jagad dunia maya.

Sebenarnya tidak ada syarat pasti atau jaminan sebuah konten bisa menjadi viral. Tapi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan suatu konten agar menjadi pembicaraan publik. Dan berikut ini adalah langkah-langkah strategis yang bisa dilakukan untuk menciptakan konten viral, yaitu:

Mulai dengan riset

Buatlah sebuah rencana dan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah konten. Setelahnya, ketahui apa yang audiens sukai dan inginkan. Pahami juga tipe konten yang bisa menarik perhatian mereka.

Selain itu, lakukan riset terhadap konten viral yang berasal dari kompetitor. Pelajari kelebihan dan kelemahan konten tersebut, lalu buat dengan versi yang lebih baik. Istilahnya adalah ATM alias amati, tiru dan modifikasi.

Jadilah berbeda

Dari banyaknya konten yang tersebar di internet, ciptakan sesuatu yang unik pada konten yang akan dibuat. Konten dengan topic yang sedang trending mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadi viral. Selain itu, konten-konten yang mampu mengundang emosi atau mengajak audiens untuk berpikir juga berkesempatan untuk mendapat perhatian yang besar.
Lebih dari itu, pastikan konten yang dibuat sesuai dengan bisnis yang dijalankan dan bermanfaat bagi audiens. Sesuaikan juga jenis konten yang dibuat dengan platform media sosial yang digunakan.

Buat konten yang singkat, jelas dan menarik

Konten yang tidak terlalu panjang pada teks atau video bisa lebih mudah dibaca atau ditonton dan dibagikan. Peluang menjadi konten viral pun menjadi lebih tinggi karena mudah dipahami dan dibagikan.

Dan yang harus diingat dengan baik adalah buatlah judul yang efektif dan menarik. Judul konten akan menjadi yang pertama dilihat, maka penting sekali untuk menulis judul yang menarik untuk mendorong audiens menikmati konten yang dibagikan.

Tambahkan visual yang eye catching

Melansir Massachusetts Institute of technology, manusia mampu memproses satu gambar hanya dalam waktu 13 milisekon. Maka dari itu, visual dari sebuah konten sangat amat diperhitungkan.

Jadi, usahakan untuk menambahkan gambar yang semenarik mungkin dari konten yang akan diunggah. Tampilan yang eye catching akan lebih meningkatkan ketertarikan dan pemahaman audiens terhadap isi konten.

Gunakan hashtag

Hashtag akan menghubungkan percakapan berbagai pengguna menjadi satu kumpulan atau kelompok. Penggunaan hashtag menjadi cara yang efektif dalam berpromosi sekaligus mendorong interaksi dengan audiens.

Dalam menggunakan hashtag, gunakan kata-kata yang relevan dan spesifik, serta tidak terlalu panjang. Hal ini dilakukan agar hashtag tersebut mudah diingat oleh pengguna sosial media.

Promosikan dengan baik

Setiap media sosial memiliki aturan waktu yang berbeda mengenai waktu yang tepat dan tidak tepat dalam memposting sesuatu. Maka dari itu, diperlukan strategi untuk memaksimalkan jangkauan konten untuk mencapai pembacanya.

Membuat kalender konten dapat membantu untuk menentukan tema dan waktu yang tepat untuk membagikan postingan ke berbagai platform. Pengguna waktu yang baik dan tepat dapat memperbesar kemungkinan target penjualan tercapai.

Setiap sosial media memiliki keunikannya masing-masing. Maka dari itu, setelah melakukan langkah-langkah di atas, cek selalu skala viralitas dari sebuah konten. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah like, komen, share, retweet, dislike, view, dan lain-lain.

Baca juga : 5 Tips Yang Harus Anda Perhatikan untuk Membuat Konten Instagram yang Berkualitas

Kesimpulan

Membuat konten viral bukanlah hal yang mudah dilakukan, namun dengan mengikuti enam langkah strategis di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk membuat konten yang berhasil menyebar dengan cepat dan efektif. Tetap kreatif, original, dan relevan dengan audiens Anda, dan jangan takut untuk berinovasi dan berpikir di luar kotak.

i

Related Post

Be our satisfied  customer

Saatnya Anda fokus ke pertumbuhan bisnis Anda, sisanya, proses kreatif akan diselesaikan oleh DCB.

PT Digital Cerdas berbagi (DCB)

Let’s Connect